081248143640

Salah satu Guru SMA N 9 Ambon menjadi Google Master Trainner Nasional

Upload : 2021-06-08 11:03:54, Halaman : Pendidik, Oleh : admin

Googel Master Trainer adalah program pelatihan yang mempersiapkan Pendidik Terpilih  yang diseleksi berdasarkan kriteria Kemdikbud yang meiliki tugas untuk melatih guru dan tenaga kependidikan untuk memanfaatkan perangkat Google Workspace for Education di akun pembelajaran (belajar.id). 

Akun Pembelajaran merupakan akun  elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akses layanan/ aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Akun belajar.id memiliki perangkat Google Workspace for Education yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, blended, hingga kelas tatap muka. 

Dari provinsi Maluku terdapat 8 Guru yang terpilih sebagai Google Master Trainer, salah satunya Meilita Salamony Guru SMA N 9 Ambon. Program Google Master Trainer dimulai dari level 1, dan sekarang sedang dilaksankan pelatihan untuk level 2. Keuntungan yang didapatkan dari program ini adalah Menjadi jembatan menuju sertifikasi internasional  Google Certified trainer, menginspirasi pemimpin sekolah dan guru memimpin perubahan, mendapat pengakuan resmi dari Google secara internasional, mendapat sertifikat Penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mendapat sertifikat kontribusi pelatihan guru 32 jam, dan gratis voucher ujian google Certified educator perlevel. Untuk mengikuti Program Level 2 syaratnya harus lulus level 1 dibuktikan sertifikat Google Certified educator. 

Salah satu tugas yang diemban sebagai Google Master Trainer Maluku yaitu melatih semua guru di Maluku untuk memanfaatkan fitur-fitur Google Workspace for education dengan akun belajar.id. Fitur-fiturnya antara lain : Google Drive (Penyimpanan file dan email tanpa batas  yang lebih aman, Google Meet yang dapat direkam dan disimpan, Google Classroom dengan fitur yang mudah digunakan, Google form yang dapat dimanfaatkan untuk evaluasi yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, serta fitur google lainnya. 

manfaat akun pembelajaran belajar.id :

1. Surat elektronik, penyimpanan

2. Pembagian dokumen secara elektronik

3. Pengelolaan admisntrasi secara elektronik

4. Penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik

5. Pelaksanaan Proses pembelajaran

"M.S"

Quick link